Friday, May 20, 2011

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA


Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen sangat banyak dan tidak terbatas.

Ciri-ciri pokok persaingan sempurna adalah sebagai berikut:
1.)Banyak penjual dan pembeli
2.)Produk-produk Homogen
3.)Konsumen mengatuhui kondisi pasar
4.)Faktor-faktor produksi bergerak bebas
5.)Tidak ada campur tangan pemerintah

Pasar persaingan monopolistis dapat didefinisikan sebagai suatu pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda.

Ciri-ciri :
1.)Barangnya Bersifat Berbeda Corak
2.)Perusahaan Mempunyai Sedikit Kekuasaan Mempengaruhi Harga
3.)Kemasukan ke dalam Industri Relatif Mudah
4.)persaingan Mempromosi Penjualan Sangat Aktif
5.)Keseimbangan Dalam Pasar Persaingan Monopolistis

Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh adanya satu penjual/produsen dipasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli atau konsumen.
 
Ciri-ciri dari pasar monopoli:
1.) hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2.) tidak ada barang subtitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3.) produsen memiliki kekuatan menetukan harga
4.) tidak ada pengusaha lain yang memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berapa keunggulan perusahaan.

Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat penjual/produsen yang menguasai permintaan pasar.
Ciri-ciri pasar oligopoli
Terdapat banyak penjual/ produsen ya ng menguasai pasar.
Barang yang dijual dapat berupa brang homogen atau berbeda corak.
Terdapat halangan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk kedalam pasar. Satu diantara para oligopolis merupakan market leader yaitu penjual yang mempunyai pangsa pasar terbesar.
Macam-macam oligopoli
Oligopoli murni yang ditandai beberapa perusahaan yang menjual produk homogen.
Oligopoli dengan perbedaan yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan.
Dampak negatif oligopi terhadap perekonomian:
  • Keuntungan yang yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang
  • Timbul inifisiensi produksi
  • Eksploitasi terhadap konsumen dan karyawan perusahaan
  • Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang inflasi yang kronis
  • Kebijakan pemerintah dalam mengatasi oligopoli
  • Pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru untuk masuk kepasar untuk menciptakan persaingan
  • Diberlakukannya undang-undang anti kerja sama antar produsen.


No comments:

Post a Comment