Sunday, January 13, 2013

WEB



Web (World Wide Web)
Web adalah suatu fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks , gambar, suara, animasi dan data multimedia lainnya. Data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Web dapat dikategorikan menjadi dua yaitu web statis dan web dinamis atau interaktif. Web statis adalah web yang berisi atau menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis atau tetap, sedangkan web dinamis adalah web yang menampilkan informasi serta dapat berinteraksi dengan pemakai yang sifatnya dinamis.
            Untuk membuat suatu web dinamis dibutuhkan kemampuan pemrograman web. Pemrograman web dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu pemrograman sisi server dan pemrograman sisi client. Pada pemrograman sisi server, perintah-perintah program dijalankan di server web, kemudian hasilnya dikirimkan ke browser web dalam bentuk HTML biasa.
            Sedangkan, pada pemrograman sisi client perintah program dijalnkan di browser web, sehingga ketika client meminta dokumen yang mengandung perintah, maka perintah tersebut akan diambil dari server-nyakemudian akan dijalnkan di browser yang bersangkutan.
            Program web yang tergolong dalam pemrograman sisi server seperti : CGI/perl, ASP (Active Server Pages), PHP, JSP (Java Server Pages), CFM (Cold Fusion). Sedangkan yang tergolong dalam pemrograman sisi client seperti: javaKode, vbKode, HTML.
   
   Hyper Text Markup Language (HTML)
Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan suatu format data standar yang digunakan untuk membangun sebuah dokumen dalam bentuk halaman di web. HTML hamper selalu ada pada sebuah website, karena HTML dapat membuat hypertext link yang dapat membentuk hubungan antara teks dan dokumen lain. Sehingga dalam melakukan pembacaan suatu dokumen tidak harus secara berurutan (sequential), tetapi dapat langsung menuju ke dokumen lainnya.
Kode program ini disebut Markup Language karena berisi tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks atau gambar dengan format yang akan digunakan pada teks maupun gambar tersebut.
  
    Tata cara penulisan HTML
            Penandaan pada sebuah dokumen HTML menggunakan tanda <…….> dan terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
a.       Bagian HTML. Bagian ini dimulai dari tanda <html> dan diakhiri </html> fungsinya adalah untuk menunjukan bahwa dokumen tersebut merupakan dokumen HTML.
b.      Bagian kepala (head). Teks yang terdapat diantara tanda <head> dan </head> merupakan informasi header yang tidak akan ditampilkan pada jendela browser, sifatnya hanya sebagai keterangan.
c.       Bagian judul (title). Teks atau perintah yang ditulis diantara tanda <body> dan </body> merupakan isi dari dokumen HTML. Pada bagian body dapat ditampilkan semua informasi berupa teks, gambar, atau suara. Selain itu dapat juga ditambahkan beberapa atribut untuk mengatur tampilan suatu dokumer.

No comments:

Post a Comment