Thursday, November 29, 2012

Komunikasi Data



Komunikasi Data
Komunikasi data adalah transmisi data elektronik melalui beberapa media. Media mungkin kabel, microwave. 

Unsur-unsur Komunikasi Data
Empat elemen dasar yang diperlukan untuk setiap sistem komunikasi.
1. Sender. Komputer atau perangkat yang digunakan untuk mengirim data disebut pengirim, sumber atau pemancar. Dalam sistem komunikasi digital modern, sumber biasanya komputer.
2. Medium. Cara melewatkan data yang dikirim dari satu lokasi ke lokasi lain disebut media transmisi. Jika penerima dan pemancar berada dalam bangunan, kawat menghubungkan mereka. Jika mereka berada di lokasi yang berbeda, mereka dapat terhubung dengan saluran telepon, serat optik atau microwave.
3. Receiver. Perangkat atau komputer yang menerima data disebut receiver. Penerima dapat berupa komputer, printer atau mesin faks.
4. Protokol. Ada aturan di mana transmisi data berlangsung antara pengirim dan penerima. Komunikasi Data s / w yang digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain. The s / w berikut protokol komunikasi yang sama dapat berkomunikasi dan pertukaran data.


Data Transmisi
Data mungkin transfer dari satu perangkat ke perangkat lain melalui beberapa media komunikasi. Para elektromagnetik atau gelombang cahaya yang transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain dalam bentuk disandikan disebut sinyal. Data transmisi di seluruh jaringan dapat terjadi dalam dua bentuk yaitu: 

(I) Analog sinyal.
(Ii) sinyal digital.
Analog Sinyal. Transfer data dalam bentuk sinyal listrik atau gelombang terus menerus disebut sinyal analog atau analog transmisi data. Sebuah sinyal analog diukur dalam volt dan frekuensi dalam hertz (Hz).
Keuntungan Signaling Analog
  • Memungkinkan transmisi beberapa di kabel.
  • Menderita kurang dari atenuasi.
Kekurangan dari Signaling Analog
  • Menderita dari EMI.
  • Hanya dapat ditransmisikan dalam satu arah tanpa peralatan canggih.
Digital Signal
Transfer data dalam bentuk digit disebut sinyal digital atau digital transmisi data. Sinyal digital terdiri dari angka biner 0 & 1. Pulsa elektrik digunakan untuk mewakili digit biner. Transmisi data antar komputer adalah dalam bentuk sinyal digital.
Keuntungan dari Digital Signaling
  • Peralatan lebih murah dan sederhana dari peralatan analog.
  • Sinyal dapat ditransmisikan pada kabel dua arah.
  • Sinyal digital menderita kurang dari EMI.
Kekurangan Digital Signaling
  • Hanya satu sinyal dapat dikirim pada satu waktu.
  • Sinyal digital menderita atenuasi.
Teknik Komunikasi Data
Ada dua teknik kemungkinan pengiriman data dari pengirim ke penerima, yaitu: -
(1) Parallel transmisi.
(2) Serial transmisi.
Paralel Transmisi. Dalam transmisi paralel setiap bit karakter / data yang memiliki saluran yang terpisah dan semua bit dari karakter yang ditransmisikan secara bersamaan. Berikut transmisi adalah karakter paralel dengan karakter.



sumber :
google.com
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://ninjacraze.hubpages.com/hub/What-is-Data-Communication

No comments:

Post a Comment