Monday, February 28, 2011

ORGANISASI DISEKOLAH

ORGANISASI adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen.
    Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
·        Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  • Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
  • Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”
Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Di dalam organisasi itu banyak anggota-anggotanya, yaitu ketua, wakil ketua,sekertaris,bendahara,dan para anggota-anggotanya. Dimana di dalam jabatan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yaitu ketua yang fungsinya untuk mengetuai atau memimpin suatu organisasi tersebut di dalam menjalankan pekerjaannya itu, wakil ketua dimana fungsinya itu adalah untuk menggantikan ketua apabila terjadi sesuatu hal yang sehingga mengakibatkan ketua itu tidak bisa hadir dalam menjalankan pekerjaan itu. Sekertaris yang fungsinya untuk mengatur jadwal dimana bila mengadakan suatu acara, dia lah yang mengatur semua jadwalnya, lalu bendahara yang fungsinya untuk mengatur keuangan. Setelah kita membahas dasar-dasar yang ada di dalam organisasi, kita membahas tentang organisasi yang berada di sekolah. Kita tahu bahwa tidak mudah dalam menjalankan suatu organisasi, karena didalam organisasi itu banyak sekali kepala-kepala manusia yang bahwasanya kita tahu sering terjadi kesalah pahaman diantara satu dengan yang lainnya, untuk itu bahwa di dalam organisasi kita perlu adanya suatu kekompakan tim dalam menjalankan masalah atau pekerjaan yang kita jalankan. Memang untuk anak seusia 11-16 thn, organisasi itu tidak penting, karena mereka menganggap bahwa dengan mengikuti suatau organisasi aktifitas kita terhambat, misalnya kurangnya waktu bermain. Itu merupakan faktor utama yang banyak dialami oleh para siswa, karena biasanya dalam suatu organisasi sering mengadakan rapat, nah rapat tersebut biasanya dilakukan setelah selesai pulang sekolah, disitu masalahnya kenapa banyak siswa yang kurang tertarik untuk ikut berorganisasi, mereka berfikir bahwa didalam menjalankan pekerjaan sekolah saja mereka sudah terbengkalai di tambah lagi dengan ikut berorganisasi,dan mereka juga merasa lelah karena sekolah saja pulang sudah sore ditambah lagi ikut organisasi. Untuk itu sebaiknya kita atau para guru bisa memberi arahan terhadap anak-anak, betapa pentingnya kita ikut berorganisasi, karena dengan kita ikut kita tahu betapa pentingnya berkomunikasi dengan orang lain satu sama lain, kita juga dapat memimpin adanya suatau acara, dan bisa membuat kita menjadi mandiri, dan kita bisa mengetahui lebih luas lagi betapa kita mesti tahu hal-hal baru diluar sana yang sebelumnya kita belum pernah mengetahui itu.dan kita bisa mengenal satu sama lain atau mungkin bisa dibilang mempunyai banyak teman.

No comments:

Post a Comment