Dalam telematika ini
terdapat beberapa layanan yaitu sebagai berikut :
a. Layanan Telematika
di bidang Informasi
b. Layanan Telematika
di bidang Transportasi
1.Layanan Telematika
dibidang Informasi
Layanan telematika
dibidang informasi yaitu penggunaan teknologi guna mendapatkan informasi yang
berguna bagi masyarakat.Contoh layanan dibidang informasi yang sederhana adalah
wartel sebelum adanya handPhone,selanjutnya warnet,keduanya itu memainkan
peranan penting dalam masyarakat. Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini
secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik
di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di
tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih
lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan
publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan
sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan
“e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian
akan terbentuk Balai-balai Informasi. Untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak
terjangkau oleh masyarakat. Dalam hal ini sarana yang biasa digunakan adalah
wartel,warnet,dll.
Wartel
Warung telekomunikasi
atau wartel adalah tempat yang menyediakan pelayanan jasa telekomunikasi untuk
masyarakat umum. Di dalam wartel terdapat kamar bicara umum (KBU) berisi
pesawat telepon untuk digunakan pemakai jasa. Telepon di dalam kamar bicara
umum bisa digunakan untuk pembicaraan telepon lokal, antarwilayah, interlokal
(SLJJ), maupun sambungan langsung internasional. Biaya pemakaian jasa
telekomunikasi dibayar langsung di tempat oleh konsumen sesuai tarif pulsa yang
berlaku ditambah tarif pelayanan. pada saat ini posisi kedudukan wartel telah
meredup dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.
Warnet
Warung internet adalah
tempat yang menyediakan pelayanan jasa informasi dengan berkembangnya teknologi
pada saat ini,dengan adanya warnet ini memudahkan masyarakat untuk mencari
informasi dengan mudah, dapat bersosialisai dan berkomunikasi (chating) dll.
2. Layanan Telematika
di Bidang Transportasi
Layanan Telematika
transportasi adalah suatu cabang teknologi yang mengintegrasikan telekomunikasi
dan software engineering di bidang sistem transportasi. Dan padaSaat ini bidang
ini telah memainkan peran yang sangat penting dalam manajemen efektif jaringan
infrastruktur transportasi dan menyediakan kolaborasi optimum antara berbagai
jenis tipe transportasi, atau yang dikenal dengan transportasi multimodal
(multimodal transport).
Dalam layanan
telematiak dengan menggunakan Sistem transportasi cerdas, dapat mendukung dan
menyediakan berbagai jenis layanan transportasi ke institusi dan pribadi.
Karena, kategori user di dalam layanan telematika transportasi adalah tidak
homogen, maka berbagai jenis layanan harus disiapkan penyelenggara jasa.
• Layanan telematika
Kendaraan Cerdas (Hybrid Electric Vehicle)
Layanan Telematika
Vehicle (kendaraan) “Vehicle telematics” telah diaplikasi secara specifik
dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) yang terpadu dengan
teknologi komunikasi bergerak dan komputer di dalam sistem navigasi automotive.
Akhir-akhir ini, sistem telematika vehicle telah dikembangkan, yang menjadikan
posisi kendaraan dan unit kendali kendaraan terintegrasi dengan data trafik.
Dengan menggunakan topografi yang presisi, sistem ini dapat menyediakan
informasi yang akurasi tentang kemacetan lalu lintas, panjang antrian kendaraan
dan perkiraan trafik lalu lintas
.
• Layanan telematika
Trafik.
Layanan Telematika
Trafik (Rambu lalu lintas), teknologi ini juga telah diaplikasikan secara
periodik dan specifik dikarenakan padatnya jalur mobilitas kendaraan baik roda
2 dan 4. Teknologi yang diaplikasikan hampir sama dengan teknologi pada
kendaraan cerdas yang menjadikan posisi kendaraan dan unit kendali kendaraan
terintegrasi dengan data trafik. Dengan menggunakan topografi yang presisi,
sistem ini dapat menyediakan informasi yang akurasi tentang kemacetan lalu
lintas, panjang antrian kendaraan dan perkiraan trafik lalu lintas.dan juga
memanfaatkan teknologi kamera pengintai atau CCTV yang terpasang di tiap sudut
Trafic.
sumber :
http://arifmuzani.blogspot.com/2011/10/telematika.html
http://ucup99.blogspot.com/2010/03/macam-macam-layanan-telematika.html
halo sodara-sodara, jayalah selalu warnet-warnet Indonesia !!!
ReplyDeleteCara sembuhkan jerawat
Desain Kolam renang
Tugas makalah sekolah
cara daftar akun pointblank
tutorial cara pinjam bank
Maju teknologi, maju pula peradaban
Salam admin warnetgea