Wednesday, October 10, 2012

TUGAS 1 : MACAM-MACAM LAYANAN TELEMATIKA

Dalam telematika ini terdapat beberapa layanan yaitu sebagai berikut :
a. Layanan Telematika di bidang Informasi
b. Layanan Telematika di bidang Transportasi

1.Layanan Telematika dibidang Informasi

Layanan telematika dibidang informasi yaitu penggunaan teknologi guna mendapatkan informasi yang berguna bagi masyarakat.Contoh layanan dibidang informasi yang sederhana adalah wartel sebelum adanya handPhone,selanjutnya warnet,keduanya itu memainkan peranan penting dalam masyarakat. Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk Balai-balai Informasi. Untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat. Dalam hal ini sarana yang biasa digunakan adalah wartel,warnet,dll.

Wartel
Warung telekomunikasi atau wartel adalah tempat yang menyediakan pelayanan jasa telekomunikasi untuk masyarakat umum. Di dalam wartel terdapat kamar bicara umum (KBU) berisi pesawat telepon untuk digunakan pemakai jasa. Telepon di dalam kamar bicara umum bisa digunakan untuk pembicaraan telepon lokal, antarwilayah, interlokal (SLJJ), maupun sambungan langsung internasional. Biaya pemakaian jasa telekomunikasi dibayar langsung di tempat oleh konsumen sesuai tarif pulsa yang berlaku ditambah tarif pelayanan. pada saat ini posisi kedudukan wartel telah meredup dengan perkembangan teknologi yang semakin maju.
Warnet
Warung internet adalah tempat yang menyediakan pelayanan jasa informasi dengan berkembangnya teknologi pada saat ini,dengan adanya warnet ini memudahkan masyarakat untuk mencari informasi dengan mudah, dapat bersosialisai dan berkomunikasi (chating) dll.


2. Layanan Telematika di Bidang Transportasi
Layanan Telematika transportasi adalah suatu cabang teknologi yang mengintegrasikan telekomunikasi dan software engineering di bidang sistem transportasi. Dan padaSaat ini bidang ini telah memainkan peran yang sangat penting dalam manajemen efektif jaringan infrastruktur transportasi dan menyediakan kolaborasi optimum antara berbagai jenis tipe transportasi, atau yang dikenal dengan transportasi multimodal (multimodal transport).
Dalam layanan telematiak dengan menggunakan Sistem transportasi cerdas, dapat mendukung dan menyediakan berbagai jenis layanan transportasi ke institusi dan pribadi. Karena, kategori user di dalam layanan telematika transportasi adalah tidak homogen, maka berbagai jenis layanan harus disiapkan penyelenggara jasa.

• Layanan telematika Kendaraan Cerdas (Hybrid Electric Vehicle)
Layanan Telematika Vehicle (kendaraan) “Vehicle telematics” telah diaplikasi secara specifik dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) yang terpadu dengan teknologi komunikasi bergerak dan komputer di dalam sistem navigasi automotive. Akhir-akhir ini, sistem telematika vehicle telah dikembangkan, yang menjadikan posisi kendaraan dan unit kendali kendaraan terintegrasi dengan data trafik. Dengan menggunakan topografi yang presisi, sistem ini dapat menyediakan informasi yang akurasi tentang kemacetan lalu lintas, panjang antrian kendaraan dan perkiraan trafik lalu lintas
.
• Layanan telematika Trafik.
Layanan Telematika Trafik (Rambu lalu lintas), teknologi ini juga telah diaplikasikan secara periodik dan specifik dikarenakan padatnya jalur mobilitas kendaraan baik roda 2 dan 4. Teknologi yang diaplikasikan hampir sama dengan teknologi pada kendaraan cerdas yang menjadikan posisi kendaraan dan unit kendali kendaraan terintegrasi dengan data trafik. Dengan menggunakan topografi yang presisi, sistem ini dapat menyediakan informasi yang akurasi tentang kemacetan lalu lintas, panjang antrian kendaraan dan perkiraan trafik lalu lintas.dan juga memanfaatkan teknologi kamera pengintai atau CCTV yang terpasang di tiap sudut Trafic.

sumber : 
http://arifmuzani.blogspot.com/2011/10/telematika.html
http://ucup99.blogspot.com/2010/03/macam-macam-layanan-telematika.html

1 comment: