Di indonesia kemajuan teknologi
sudah berkembang sangat pesat karena majunya sistem perekonomian di bagian
konsumsi barang-barang import dari luar negeri. Kemajuan teknologi juga
berkembang di bagian internet terutama di bagian social network. Masih ingatkah
anda dengan Social Network yang DULU sempat sangat booming di Indonesia ini?
Contohnya seperti friendster. Saat pertama kali friendster muncul di indonesia,
social network ini sangat terkenal karena banyak orang bisa berkomunikasi
dengan tampilan yang menarik dan sistem yang up to date.
Memang Friendster merupakan
media digital, social-networking, tetapi sudah lama ditinggalkan orang dan
tidak disentuh masyarakat. Secara produksi dan distribusi, Frendster bisa
dikatakan New-Media, tetapi secara waktu dan manfaat, kini Friendster sudah
dilupakan orang karena sekarang sudah banyak bermunculan social networking baru
seperti facebook, twitter, google plus, maupun kaskus. Di bawah ini ada
beberapa penjelasan tentang social network yang booming di indonesia.
Facebook (atau facebook) adalah
sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari
2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011,
Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna dapat membuat
profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan,
termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain
itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan
tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik
lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada
mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS
dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan
setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Twitter adalah sebuah situs web
yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan
sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan
membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga
140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa
dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.
Google adalah jejaring sosial
baru yang diluncurkan oleh raksasa internet, google. Tentu saja hal ini
dilakukan untuk mengikis dominasi Facebook yang sangat berjaya di dunia
jejaring sosial dalam beberapa tahun ini. Google plus sebenarnya adalah usaha
kesekian google untuk melawan facebook setelah sebelumnya mencoba menelurkan
google wave, google buzz dan orgut namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena
respon pengguna internet sangat minim dan nampaknya masih lebih setia
menggunakan facebook daripada produk-produk google tersebut.
Di indonesia seperti twitter,
facebook dan google plus sangat banyak pengguna atau user yang dapat
mengaksesnya kapan saja. Ini disimpulkan bahwa kemajuan new media di indonesia
terutama di bidang social networking saat pesat kemajuannya. Tetapi dalam
bidang user atau pengguna bukan penciptanya, meskipun sudah banyak orang
indonesia yang membuat seperti contohnya kaskus dan yahoo koprol.
sumber :
google.com
http://baguspermady.wordpress.com/2011/10/25/perkembangan-social-network-di-indonesianew-media/
No comments:
Post a Comment