Social Networking adalah
sebutan lain terhadap website community.
Social Networking adalah
tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya.
Social Networking adalah kegiatan menjalin
hubungan dengan orang lain melalui social media sites / situs jejaring sosial
yang ada di internet. Bisa diakses di mana saja, kapan saja dan oleh siapa
saja. Dan tidak jarang juga, orang-orang yang “maenan” situs semacam ini
dibilang melakukan kegiatan yang ngga mutu. Padahal status update pun memiliki
potensi dengan dampak yang luas. Sayangnya, terlalu sering sebuah buku dinilai
hanya dari sampulnya.
Manusia
pada dasarnya memang sudah terkonfigurasi secara biologis untuk bersosialisasi.
Kita semua ingin untuk bertatap muka dengan orang lain (kita bahkan memiliki
kelebihan bawaan dari lahir untuk melakukan facial recognition!), berbagi satu
sama lain, merasa terkoneksi, dan aspek-aspek lainnya dari kehidupan sosial.
Dulunya
sangat susah bagi kita untuk bisa bertemu dengan banyak orang. Palingan pakai
surat atau telegram. Kemudian datanglah telepon dan kemudian handphone yang
mengakibatkan dompet kurus kering. Di satu sisi, memang tagihan pulsa yang ngga
karuan adalah hal yang buruk, tetapi bila dilihat di sisi yang lain, ini adalah
bukti nyata kebutuhan dasar sebagai manusia untuk berhubungan dengan orang
lain.
Dan datanglah era internet dengan bentuk
dasar yang tidak menghiraukan batasanapapun.
Semua orang dapat terkoneksi di atas satu medium. Siapapun dapat mengakses
situs apapun. Dan karenanya, saat sebuah situs jejaring sosial dimana
orang-orang berkumpul disediakan, banyak orang secara alami tertarik untuk
datang ke sana.
Ketik,
ketik, ketik, tekan tombol share. Semudah itu kita memberikan akses untuk
ratusan bahkan ribuan orang untuk bisa masuk ke sepenggal dari pikiran kita.
Berbagi di social media itu pada hakikatnya sama seperti mengirim sms ke
ratusan orang atau yang disebut juga dengan broadcasting. Dan poin yang paling
crucial di sini adalah, orang-orang yang bisa melihat apa yang kita share
adalah orang-orang yang memang sudah dari awalnya ada niat untuk berhubungan
dengan kita!.
Bandingkan
dengan usaha broadcasting konvensional seperti radio dan tv. Orang-orang yang
melihat/mendengar iklan yang diputar memang luar biasa banyaknya. Tapi
pertanyaannya, berapakah dari segitu banyaknya orang yang sebenarnya berminat?
Dan kalaupun ada minat, sebenarnya minatnya untuk apa? Untuk sinetron yang
sedang diputar, atau untuk iklan-iklan selingannya?
Bayangkan pengaruhnya untuk bisnis kamu jika
kamu menyampaikan, dengan cara yang benar, sebuah referral kepada orang-orang
di friendlist kamu? Menurut kamu, seberapa tinggi kemungkinan mereka menyimak?
Seberapa tinggi kemungkinan mereka untuk click-through dan take action?
Orang
sangat suka berbagi. Ada yang memang sifatnya suka memberi dan membagikan, dan
ada juga yang melakukannya karena mereka bisa merasa diapresiasi atas informasi
yang mereka berikan.
Itu sangat alamiah secara
psikologis. Apresiasi yang diberikan, secara tidak langsung, mengangkat derajat
dan reputasi mereka di dunia tersebut. Mungkin ini sedikit terkesan aneh,
tetapi uang bukanlah segalanya di dunia internet. Atensi dan reputasi adalah
sesuatu yang tidak kalah berharga dan hal ini juga diakui oleh search engine di
dalam algoritmanya yang
memfaktorkan popularitas sebuah website (Google:
PR).
Dan yang sangat mencengangkan
adalah, seberapa cepatnya informasi yang kamu bagikan bisa menyebar. Thanks
to fitur-fitur yang disediakan oleh situs-situs jejaring sosial -ReTweet
untuk Twitter, Share untuk Facebook, dan Social Bookmarking- informasi bisa
menyebar luas ke satu dunia dalam hitungan menit. Masih ingat kejadian bom di
JW Mariott kemarin? Salah satu jurnalis di blog Mashable (basis di Amerika)
sudah meliput tweet orang
yang berada di lokasi kejadian dalam hitungan (4) jam.
Kemudahan
penyebaran dari fitur-fitur yang disediakan ditambah dengan sifat berbagi dan
keinginan untuk mendapatkan reputasi adalah turbin penggerak utama dari tenaga
Social Networking. Ini bukan main-main, fellas. Ini nyata dan kamu beserta
bisnis kamu bisa terjerat (baik dengan makna positif maupun negatif) di
dalamnya mulai hari ini juga.
Kata
penutup – Motivasi dasar dari Social Networking adalah membangun hubungan
Fokuskan campaign sosial
untuk membina relasi dengan
orang lain.
“…
Facebook bukanlah alat untuk berjualan, tapi alat untuk melakukan percakapan.”
Ungkapan
di atas benar adanya. Pitra menyebutkan Facebook, tetapi sebenarnya quote
di atas juga berlaku untuk semua social media pada umumnya; entah,
twitter, youtube, facebook, digg, dan lain-lain. Pastikan motivasi kamu selaras
dengan motivasi yang menggerakan social networking secara keseluruhan, yaitu
untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain. dan bukan untuk mencari
uang!
Jangan terlibat di dalam social
networking dengan motif finansial. Pendapatan akan datang dengan
sendirinya jika kamu disukai oleh orang-orang walaupun bukan secara langsung
ataupun dalam bentuk moneter. Ingat bahwa mata uang yang berlaku di internet
bukan cuma Rp, USD, EUR, dan sebagainya; popularitas, atensi dan reputasi
adalah penggerak utama situs-situs jejaring sosial. Selalu hormati prinsip di
atas dan taati etika dan norma yang berlaku di setiap komunitas dan kamu pun
akan menuai untungnya.
Berikut adalah 10 Situs
Social Networking yang mungkin bisa berguna bagi anda :
MySpace adalah situs
jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi,
blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.
FacebooK Adalah Sebuah
Website Yang bertemakan social networking (Pencari Teman di Dunia Maya).
Facebook merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.
Facebook merupakan situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.
Windows Live Spaces adalah
platform blogging Microsoft. Windows Live Spaces merupakan sebuah situs blog
dan social networking berbasis teknologi Live.com yang menggantikan MSN Spaces.
Friendster adalah adalah
sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat
identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan
account di Friendster.
Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Dalam Friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman kita, selain melihat teman kita sendiri.
Hi5 adalah salah satu situs
yang menyediakan layanan jaringan sosial (social networking).
hi5 adalah situs jaringan sosial paling umum di Amerika Latin.
hi5 adalah situs jaringan sosial paling umum di Amerika Latin.
Flickr adalah salah satu
situs image sharing populer, saat ini sudah digunakan oleh ratusan ribu
pengguna dan trafik yang sudah sangat banyak. Flickr merupakan situs web untuk
berbagi foto dan situs komunitas online. Sebagai situs web yang populer untuk
berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai
tempat penyimpanan foto.
Orkut adalah website
komunitas dari Google. Dengan Orkut , kita dapat sharing photo, kirim pesan,
testimoni, sharing dan upload video, berdiskusi, berinteraksi dan lainnya.
Flickr adalah salah satu
situs video sharing populer. Anda bisa sharing review-review film dan juga ikut
memberi rating. Flixster ini juga memiliki database yang berhubungan dengan
informasi film yang besar.
Multiply adalah sebuah
situs jaringan sosial dengan fitur yang memungkinkan orang untuk saling-berbagi
beberapa media, seperti foto, video, maupun blog.
1. Netlog (http://www.netlog.com/)
Netlog
adalah salah satu situs yang menyediakan layanan jaringan sosial (social
networking).
Netlog adalah situs jaringan sosial yang sangat populer di Eropa.
Netlog adalah situs jaringan sosial yang sangat populer di Eropa.
sumber:
google.com
http://razkingred.blogspot.com/2011/01/social-networking-adalah.html
No comments:
Post a Comment